Sabtu, 31 Oktober 2015

Menghapus Keraguan 01



Menghapus Keraguan Melafal Amituofo 01

Tanya :
Membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, melafal Amituofo; memohon keselamatan dan terhindar dari petaka, bencana lenyap, usia panjang dan manfaat lainnya pada kehidupan sekarang ini, jadi apakah kita perlu menambah melafal nama Buddha atau Bodhisattva lainnya, sutra atau mantra lainnya. Apakah gagasan ini adalah benar adanya? 

Master Jingzong menjawab :
Tidak benar. Para praktisi pemula yang keyakinannya masih belum mendalam, selalu saja memiliki pemikiran semacam ini, tetapi seiring dengan semakin mendalamnya keyakinan yang dimiliki, dia akan jadi memahami : Seorang yang membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, tak peduli apakah yang dia mohon adalah terlahir ke Alam Sukhavati atau memohon manfaat duniawi, juga seharusnya menfokuskan diri pada pelafalan Amituofo, dan tidak perlu beralih melafal yang lainnya. Alasannya ada dua yaitu :

1. Di dalam sutra disebutkan bahwa : Buddha Amitabha merupakan raja diantara semua Buddha (raja di sini maksudnya adalah cahayaNya yang paling terunggul), nama Buddha Amitabha telah mencakup keseluruhan jasa kebajikan dari nama semua Buddha, Bodhisattva, sutra dan mantra, menfokuskan diri melafal Amituofo, serupa dengan melafal nama seluruh Buddha, Bodhisattva, sutra dan mantra.

Segala jenis manfaat yang bisa diperoleh dari melafal nama Buddha, Bodhisattva, sutra dan mantra, semua ini juga bisa diperoleh dengan melafal Amituofo; sebaliknya manfaat yang bisa diperoleh dari melafal Amituofo, belum tentu bisa diperoleh dengan melafal nama Buddha lainnya, nama Bodhisattva, membaca sutra dan melafal mantra lainnya.

Ibarat para pejabat negara mampu menangani urusan untuk rakyat banyak tentu saja bagi seorang raja juga mampu menanganinya; dan apa yang dapat dilakukan oleh raja, para pejabat belum tentu dapat melakukannya.


2. Menfokuskan diri melafal Amituofo pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati, juga dapat menikmati berbagai manfaat duniawi, boleh dikatakan memperoleh sepasang manfaat sekaligus (manfaat sekarang dan mendatang). Sedangkan jika dicampur dengan nama Buddha, Bodhisattva, sutra, mantra dan lain sebagainya, maka terlahir ke Alam Sukhavati adalah tidak pasti, sementara manfaat duniawi juga tipis.




【第一部分 有關現世利益】

1問:求往生,念阿彌陀佛;求平安免難、消災延壽等現世利益,分別念有關佛、菩薩、經、咒。這種觀念正確嗎?

答:不正確。一般初機學佛的人,信仰還比較淺,往往會抱有這種觀念,但隨著信仰的深入,他就會明白:一個願生淨土的人,不論是為往生,還是求世間利益,都應當專念阿彌陀佛,而不必改念其他。理由有兩點:

一、經中說:阿彌陀佛是一切諸佛中的王,阿彌陀佛名號包含一切佛、菩薩、經、咒功德,專念阿彌陀佛一佛,等於總念一切佛菩薩經咒。凡是念諸佛菩薩經咒能夠得到的利益,念阿彌陀佛都能得到;反過來,念阿彌陀佛能夠得到的利益,念其他佛菩薩、誦其他經咒則未必都能得到。好像百官大臣能為老百姓辦的事,國王當然都能辦到;而國王能做到的事,百官大臣未必能做到。

二、專念阿彌陀佛,既能決定往生,也能得到種種世間利益,可說雙豐收。雜念諸佛菩薩經咒等,往生不定,世間利益也輕微。