Minggu, 01 November 2015

Dalam kondisi genting melafal Amituofo.



Dalam kondisi genting melafal Amituofo.

Pertanyaan :
Saya ingin bertanya apabila dalam kondisi genting, seharusnya melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara atau Amituofo? Apa perbedaan diantara keduanya?

Master Chin Kung Menjawab :
Ketika berada dalam kondisi darurat melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara adalah seperti yang diajari Buddha Sakyamuni di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” kepada kita. Oleh karena dalam keadaan terdesak, juga belum tentu ajal anda telah  tiba, maka itu anda melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara untuk mengeliminasi bencana, aturannya ada di sini.

Tetapi andaikata anda adalah seorang praktisi yang belajar Ajaran Buddha, apalagi adalah seorang praktisi pelafal Amituofo, anda takkan mendambakan dunia ini lagi, begitu bencana datang, segera melafal Amituofo, anda tidak perlu harus beralih atau mengganti lafalan Amituofo anda. Andaikata ajal belum tiba, maka bencana juga akan reda, apabila ajal sudah tiba maka bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

 Iniah letak perbedaan keduanya.

Dipetik dari :
Master Chin Kung Menjawab
dalam Tanya Jawab edisi tanggal 22 Juni 2007

  
危急时,应念观音菩萨还是阿弥陀佛?

问:请问危急时,应念观世音菩萨还是阿弥陀佛?二者有何不同?
  答:在危急的时候念观世音菩萨,是世尊在《无量寿经》里面教导我们的。因为你在急难的时候,不一定是你寿命到了,所以你念观世音菩萨能化解灾难,道理在此地。如果你是一个学佛的人,是个念佛的人,你对这个世间没有留恋,急难来的时候也念阿弥陀佛,行,你不需要改变。如果寿命没有到,灾难一样化解,如果到的时候就往生,这两种不同地方在此地。(净空法师·答香港参学同修之七十 2007/6/22