Rabu, 25 November 2015

Penuntun Jalan 94



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 94

Tanya :
Membahas tentang kejahatan, masih bisa dipaksakan agar tidak melakukannya, tetapi bila membahas tentang kebajikan, saya tidak mempunyai uang, mana bisa melakukan kebajikan?

Jawab :
Ini sudah salah, beramal itu tidak harus menggunakan uang. Anda memiliki tubuh jasmani, terhadap segala hal yang dapat memberi kemudahan pada orang lain, maka kerahkan segenap kemampuan untuk melakukannya, ini disebut dengan kebajikan yang dilakukan melalui tubuh jasmani.

Anda mempunyai mulut, melihat ada orang bertengkar, maka bantulah melerainya. Melihat ada orang baik dan perbuatan baik, maka berilah pujian dengan tulus, ini adalah kebajikan yang dilakukan melalui mulut.

Anda memiliki hati dan pikiran, melihat orang lain mengeluarkan kata-kata baik, anda merasa ikut bersukacita, ini adalah kebajikan yang dilakukan melalui pikiran.

Bagi orang yang serba berkecukupan, selayaknya menyumbangkan sandang dan pangan yang kelebihan, memperbaiki jembatan dan mengaspal jalan, serta memberi persembahan kepada Buddha, Dharma dan Sangha, mendukung Triratna.

Bagi yang tidak memiliki uang, melihat kebajikan yang dilakukan orang lain, maka merasa ikut bersukacita, ini juga serupa memiliki jasa kebajikan.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (九十四)

【問】不作惡,到還可以勉強著辦。說道行善,我沒有錢,不是沒有法辦了嗎?

【答】這就錯了,行善不一定要用錢。你有身體,遇見對人方便的事,費點氣力去作,這便是身善。你有口,遇見有爭鬥的,幫他調解調解。遇見好人好事,極力讚揚讚揚,這便是口善。你有心,看見人家說好話,覺得滿心歡喜,這便是心善。有錢的,固然應當捨衣捨食,修橋補路,以及供佛齋僧,崇奉三寶。沒錢的,即使聞見善事,心理和口中隨喜,也是一樣有功德的。

印光大師 鑑定
戰德克 編述