Minggu, 08 November 2015

Penuntun Jalan 34



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 34

Tanya :
Orang-orang baik ini, malah bertemu dengan kesusahan, sedangkan orang jahat malah bagus peruntungannya. Anda bilang sebab akibat, mana ada aturannya?

Jawab :
Contohnya menanam pohon, begitu bibit ditanam ke dalam tanah, apakah langsung bisa berbuah? Juga contohnya anda meminjam uang kepada orang lain, apakah begitu anda menyerahkan uang tersebut ke tangannya, dia langsung sanggup melunasi hutangnya pada anda?

Hukum Sebab Akibat dalam Ajaran Buddha, mencakup kelahiran masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Ada perbuatan yang dilakukan pada masa kelahiran lampau, pada masa kelahiran sekarang berbuah. Ada perbuatan yang dilakukan pada masa kelahiran sekarang, dan juga berbuah pada masa kelahiran sekarang.

Ada perbuatan yang dilakukan pada masa kehidupan sekarang, tetapi berbuah pada beberapa kali kehidupan mendatang, atau beberapa puluh kali kehidupan mendatang, atau beberapa ribu bahkan puluhan ribu masa kehidupan mendatang kemudian barulah berbuah.

Ini serupa dengan pohon yang berbuah, ada yang lebih awal bahkan ada juga yang lebih lambat, ini juga terjadi dengan sendirinya dan alamiah, mana boleh dikatakan tidak ada aturannya?

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang


歧路指歸
 (三十四)

【問】有些好人,往往遭遇不好的事,作惡的人,往往運氣很好。你說的因果報應,怎麼講得通呢?

【答】比方種樹,種子剛下到土裡,立刻就能結果嗎?又比方借錢給人家,那有才交他的手,立刻就還錢的嗎?佛家講的因果報應,是綜合前生今生來生三世來說的。有的前生造的因,今生纔結果。有的今生造的因,當生即結果。有的今生造的因,隔幾生幾十生,或幾千萬生以後纔結果。這就和果樹的結果,或早或晚一樣的道理,也是自然而然的事情,那裡會講不通呢?

印光大師 鑑定
戰德克 編述