Senin, 02 November 2015

Penuntun Jalan 04



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 04

Tanya :
Jadi ajaran mana yang mesti diyakini barulah tidak masuk ke dalam perangkap?

Jawab :
Tidak perlu mengatakan ajaran mana yang terbaik, tetapi saya bisa memberitahukan padamu bagaimana cara untuk membedakan ajaran baik dan buruk. Masing-masing ajaran itu dalam waktu seketika tidak mudah dipahami dengan jelas, tetapi dengan mengamati penampilannya, juga bisa mengetahui garis besarnya.

Pertama-tama amati dulu ajaran ini berdiri pada tahun berapa, apakah sudah bertahan untuk jangka waktu yang lama sekali, apakah pengikut atau umatnya banyak, maka ini lebih bisa diandalkan. Oleh karena bila dia adalah pembohong, maka sejak awal sudah tidak ada lagi pengikutnya.

Kemudian amati pula pengikut sekte tersebut, apakah pengikutnya itu adalah orang-orang terpelajar dan dari golongan yang benar, maka ajaran ini pasti tidak salah. Ada ajaran yang diturunkan secara rahasia, ini harus hati-hati, karena bisa disimpulkan dengan dua kalimat berikut ini, “Takut berarti ada kebusukan di dalamnya, hal yang baik takkan takut diketahui orang lain”.

Ada pula sekte yang di dalamnya sumbangan melulu, anda harus menelitinya terlebih dulu, ke mana digunakan uang sumbangan tersebut. Ada pula sekte yang suka mengumbar ilmu gaib, bahkan ada pula yang menyembah hewan, mengumbar berbagai kepercayaan takhayul sebagai sumber bisnisnya, semua ini tidak boleh dijadikan keyakinan dan dipelajari.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (四)

【問】那麼信什麼教,纔不會上當呢?

【答】且不必說什麼教好,我告訴你一個分別宗教好壞的方法。各教的教義,一時不容易弄明白,但就表面看看,也能知道個大概。先看這個教門的年代多少,大凡年代很久的教,仍有很多人信奉,一定比較可靠。因為他若是騙人,這些年來,早就沒人肯學了。再看學這個教的人,都是些什麼人,祇要直正派的人有學問的人肯學,這個教一定是不會錯的。有些教門是秘密傳受的,這個要小心,因為有兩句俗話說,「怕人無好事,好事不怕人。」有些教門是常常捐錢的,你要仔細打聽一下,捐的錢作什麼用。有些教專門是說神道鬼,甚至崇拜下等動物,弄些迷信的勾當,這些都一概不可輕信,不可去學。

印光大師 鑑定
戰德克 編述