Selasa, 24 November 2015

Penuntun Jalan 69



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 69

Tanya :
Pintu Dharma ini, kalau memang diperuntukkan buat orang yang memiliki akar kebijakan yang rendah seperti kita ini, berarti tidak cocok buat orang-orang pintar, jadi kaum intelek pasti takkan sudi mempelajarinya bukan?

Jawab :
Belum tentu, meskipun Pintu Dharma ini mudah, namun jujur saja, seluruh pintu Dharma di dalam Ajaran Buddha, juga sudah tercakup di dalamnya; maka itu sejak dulu hingga sekarang, mereka yang berpendidikan tinggi yang mempelajari Pintu Dharma ini, jumlahnya juga tak terhitung.

Contohnya pelopor Ajaran Sukhavati di Tiongkok adalah Master Hui-yuan, juga Master Shandao, Master Yongming Yanshou, Master Lian-chi,  Master Ou-yi, Master Xing-an, Master Che-wu dan para Master lainnya, merupakan insan yang paling berpendidikan, bahkan merupakan insan yang paling memiliki etika moral, mereka menumpukan sepanjang hidupnya untuk melafal Amituofo.

Dapat dilihat bahwa melafal Amituofo bukan hanya urusan lansia saja. 

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (六十九)

【問】這個法門,既然是專門給我們根機淺的人學的,想來那些有學問很聰明的人,自然不要學這法門了?

【答】不然,這個法門雖容易,實在說,佛教各宗的一切法門,都包括在內﹔所以自古以來,有大學問的人,學這個法門的也不計其數。例如在中國最先提倡念佛的,是晉朝的慧遠大師,以及善導、永明、蓮池蕅益、省庵、徹悟,諸位大師,都是最有學問,最有道德的人,他們也一生專門念佛。可見念佛不單是愚夫愚婦齋公齋婆的事了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述