Selasa, 01 Desember 2015

Penuntun Jalan 131


Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 131

Tanya :
Sekarang di mana-mana terdapat orang yang mengaku kerasukan Dewa atau Buddha, malah menuruti Ajaran Buddha mengajari manusia, apakah ini bisa diandalkan?

Jawab :
Makanya saya bilang kalau sembarangan membaca buku, takkan membawa manfaat sama sekali, malah menimbulkan bahaya. Mereka yang mengaku kerasukan ini, kebanyakan adalah kerasukan setan yang memiliki kekuatan batin atau kemampuan gaib, menyamar jadi Buddha dan memalsukan nama Buddha. kekuatan batin mereka berbeda-beda, contohnya ada yang bisa menulis, bahkan membuat karya puisi.

Meskipun ucapan mereka adalah demi menasehati manusia kembali ke jalan yang benar, tetapi adalah tidak sama dengan kebenaran yang tercantum di dalam sutra Buddha. Paling tidak perbuatan amal hanya mendatangkan secuil pahala Alam Dewa dan Manusia.

Padahal seharusnya menasehati manusia agar mengakhiri tumimbal lahir dan  bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, sepatutnya mengikuti Ajaran Buddha. Maka itu semua buku aliran luar tidak boleh dibaca.

Sebagian orang yang berpengetahuan dangkal, asalkan melihat ada buku bajik, apalagi ada tercantum nama Buddha dan Bodhisattva, sehingga mengira bahwa ini benar-benar adalah sutra Buddha, padahal ini sungguh membahayakan, maka itu saya bilang sedikit membaca perbanyak melafal Amituofo.    

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (一三一)

【問】現在到處多有架乩扶鸞的,降罈的,非仙即佛,照著他們的教訓學,不是更可靠些嗎?

【答】我說自己胡亂看書,無益而有害,就是為著這個,各處的乩罈,多半是一些有靈氣的鬼,假託著先佛的名字來降罈。他們的靈氣大小不同,所以有的俗濫不堪,叫人看了要嘔。有的能舞文弄墨,作詩作詞。他們說的話,雖都是勸人為善,但和佛所說的道理卻不一樣。相信他們的話,至多不過得一點人天福報。至於要脫離輪迴,超生極樂,應該徹底服從佛的教訓,一切旁門外道和架乩扶鸞的書籍,都不能看。一般見識淺的人,往往分不清好壞,看見許善書上,都有佛菩薩的名字,便當作真正的佛學書籍看,那是很有害的,所以我說最好少看書,多念佛。

印光大師 鑑定
戰德克 編述