Rabu, 25 November 2015

Penuntun Jalan 80



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 80

Tanya :
Ada pula aliran kepercayaan yang membaca Sutra Intan, apakah benar sutra yang dibaca tersebut adalah sama dengan sutra Ajaran Buddha?

Jawab :
Ada berbagai aliran kepercayaan yang suka mengambil Sutra Intan milik Ajaran Buddha, tak lain hanya sebagai topeng belaka. Sesungguhnya mereka bukan menjalankan ajaran seperti yang tercantum di dalam sutra Buddha, bahkan ada pula orang yang mengambil Sutra Intan lalu sembarangan menjelaskannya, menuruti penafsiran sendiri lalu menguraikannya.

Dan mereka yang suka bertindak secara tidak masuk akal, yang suka menebak-nebak makna sutra Buddha, lalu bersikeras mengatakan bahwa oleh karena Buddha takut rahasia langit terbongkar maka itu tidak berani menguraikan secara jelas sutra yang dibabarkanNya. Lalu juga mengatakan bahwa isi sutra Buddha hanyalah kata pepatah belaka, jadi hanya perkataan mereka yang sesat tersebut barulah merupakan penjelasan yang paling betul.

Bayangkan Buddha mengasihi seluruh makhluk, tidak ingin melihat para makhluk terjerumus ke dalam kesesatan, seharusnya memahami isi sutra dengan benar barulah mencapai KeBuddhaan, ini barulah betul. Mana boleh malah dengan penafsiran sendiri yang sesat lalu pergi menyesatkan orang lain pula?

Jika mengatakan bahwa oleh karena Buddha takut rahasia langit terbongkar makanya tidak berani membabarkan isi sutra dengan transparan, kalau begitu mereka yang sembarangan menebak-nebak isi Sutra Intan mana boleh bernyali besar membongkar rahasia langit? 

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (八十)

【問】有些教門,也念金剛經,他們念的那個,和佛教裡的一樣嗎?

【答】有許多教門,好念佛教的金剛經,那無非是拿佛教來作招牌的意思。其實他們併不是照著佛經上逤所說的方法去行,有些人更是拿了金剛經胡講亂講,去附會他們自己的說法。這些喜歡鑽牛角的人們,拿講佛經和猜迷一般,偏說佛怕泄漏天機。又說經上的話,都祇是寓言,祇有他們講的那個,纔是佛經的真正意思,試想佛陀,憐念眾生,恨不得眾生,把經典徹底明白了,立刻成佛纔好。豈有說些啞謎,來疑誤眾生的道理嗎?如果說佛怕泄漏天機,不敢明說。請問這些亂講金剛經的是什麼人,他又何以敢泄漏天機胡說呢?

印光大師 鑑定
戰德克 編述