Jumat, 27 November 2015

Penuntun Jalan 115


Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 115

Tanya :
Mohon jelaskan arti setiap kalimat di dalam “Gatha Pelimpahan Jasa”.

Jawab :
Kalimat pertama adalah “Semoga jasa kebajikan ini”, maksudnya adalah : saya bersedia melimpahkan jasa kebajikan dari membaca sutra atau melafal Amituofo.

Kalimat kedua adalah “Memperindah tanah suci para Buddha”, maksudnya adalah : menwibawakan Tanah Suci Sukhavati.

Kalimat ketiga adalah “Membalas empat budi besar”, maksudnya adalah : jasa kebajikan tersebut juga dilimpahkan untuk membalas empat budi besar yakni budi ayah, ibunda, guru dan Buddha.

Kalimat keempat adalah “Menolong mereka di tiga alam penderitaan”, maksudnya adalah menolong para makhluk yang jatuh ke Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka, dari siksaan tiga alam sengsara.

Kalimat kelima adalah “Semoga mereka yang mendengarkan Dharma ini”, maksudnya adalah bila ada insan yang melihat dan mendengar saya sedang membaca sutra atau melafal Amituofo.

Kalimat keenam adalah “Bertekad membangkitkan Bodhicitta”, maksudnya adalah : semuanya membangkitkan niat untuk mencapai KeBuddhaan dan menyelamatkan para makhluk.

Kalimat ketujuh adalah “Sampai di akhir penghidupan ini”, maksudnya adalah : menanti setelah tubuh ini selesai menikmati balasan dan menerima ganjarannya.

Kalimat kedelapan adalah “Bersama-sama terlahir di Alam Sukhavati”, maksudnya adalah : semoga semua makhluk terlahir ke Alam Sukhavati.

Menurut kalimat per kalimat, demikianlah penjelasannya. Jika disatukan maka delapan bait kalimat gatha ini memiliki dua makna besar yaitu yang pertama mengatakan bahwa kita melafal Amituofo tujuannya adalah bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, jadi pasti bukan untuk memohon ketenaran, kekayaan dan segala keuntungan duniawi. Yang kedua adalah mengatakan bahwa kita melafal Amituofo tujuannya adalah untuk menyelamatkan semua makhluk agar terbebas dari lautan penderitaan, jadi manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri saja.

Setelah memahami dua makna tersebut, maka tak peduli melafal Amituofo maupun membaca sutra, atau melakukan perbuatan baik, semua jasa kebajikan ini juga dilimpahkan dengan pemikiran yang serupa ini, dengan demikian sudah termasuk praktisi yang benar-benar telah membangkitkan Bodhicitta.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (一一五)

【問】請您把回向偈裡面各句的意思,講解一下。

【答】第一句願以此功德的意思就是:我情願拿這個唸經念佛的功德。第二句莊嚴佛淨土的意思就是:去幫助阿彌陀佛的淨土,使他格外地好。第三句上報四重恩的意思就是:再把這功德,上頭報答父親、母親、師父,和佛的四層恩德。第四句下濟三途苦的意思就是:下邊救濟畜生、餓鬼、地獄,三惡道眾生的苦惱。第五句若有見聞者的意思就是:若是有人看見我唸經念佛的。第六句悉發菩提心的意思就是:全都發出上求佛果下度眾生的心來。第七句盡此一報身的意思就是:等到這個身體受完了報應以後。第八句同生極樂國的意思就是:就大家一同到西方極樂世界去。按句解釋,就是如此。再統起來說,這八句偈子,有兩層很大的意義。第一是說我們念佛為的是求生西方,絕不是求功名富貴等等,一切世間的好處。第二,是說我們念佛,是為的救度一切眾生脫離苦海,不單是為自己打算。明白這兩番意義,不管念佛唸經,不管作什麼善事,都如此存心,如此回向,這就是算個真正發菩提心學佛的人了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述