Sabtu, 07 November 2015

Penuntun Jalan 24



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 24

Tanya :
Jika demikian halnya, ingin menghindari musibah sebaiknya belajar Ajaran Buddha, apakah benar?

Jawab :
Benar, tetapi sebelum memahami manfaat baik dari belajar Ajaran Buddha, sebaiknya terlebih dulu memahami sisi buruk dari para makhluk, contohnya saja manusia! Begitu terlahir ke dunia kita sudah teken kontrak seumur hidup dengan apa yang disebut dengan penderitaan, sepanjang hidup demi sandang, pangan dan papan, harus begitu bersusah payah. 

Orang yang dicintai malah tidak bisa bersama, tetapi musuh berbuyutan selalu saja datang menghadang. Juga bencana alam, musibah yang tak terduga, meskipun anda memiliki kekayaan berlimpah dan kekuasaan, dia juga akan mengikuti dari belakang. Meskipun bisa terlepas, namun juga takkan bisa keluar dari cengkeraman usia tua, jatuh sakit dan kematian.

Ini adalah karena sesat maka menciptakan karma, dan oleh karena karma maka menerima penderitaan. Buddha yang berada dalam kondisi batin Nirvana tidak mengalami berbagai penderitaan, ini adalah manfaat dari pencapaian KeBuddhaan. Buddha melihat kita menjalani penderitaan, bagaikan berada dalam Neraka, maka itu mengajari kita berbagai cara untuk mencapai KeBuddhaan, supaya kita bisa keluar dari kehidupan yang penuh penderitaan ini.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (二十四)

【問】這麼說來,想要避劫,最好是學佛了,是不是?

【答】是的,不過學佛的好處,先要明白眾生的不好處。且就我們人類來說吧!我們一生下來就和苦惱訂了合約,一輩子為喫為穿,勞勞碌碌。親愛的偏偏碰不到頭,仇恨的又偏來纏攪。以及天然的災害,意外的禍患,任你有錢有勢,他還是跟在後面。即使那些擺脫得了,卻沒法不病不老,更不能不死。這是因惑造業,因業受苦。佛是覺行圓滿,在涅槃界,不受諸苦,這便是成佛的好處。佛看著我們受苦,像在火坑裡一般,所以教給我們許多成佛的法子,就是為了救我們脫離這個火坑。

印光大師 鑑定
戰德克 編述