Selasa, 01 Desember 2015

Penuntun Jalan 128



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 128

Tanya :
Selama ini pelafal Amituofo jumlahnya amat banyak tetapi yang berhasil cuma sedikit, apakah mereka juga telah menderita kerugian begini?

Jawab :
Ya, mereka telah menderita kerugian begini, tetapi ini juga tidak sama. Ada orang yang melafal Amituofo dengan sesuka hatinya, hari ini melafal besok absen, kalau ada waktu baru melafal, kalau sibuk absen, mood lagi baik baru melafal, waktu sakit tidak mau melafal, saat bahaya baru melafal, saat aman-aman saja tidak mau melafal, bila melafal dengan cara demikian, maka disebut sebagai tidak berkesinambungan, jadi tak ada gunanya.

Ada pula sejenis praktisi yang hanya melafal Amituofo supaya dilihat orang lain, meskipun mulutnya sibuk melafal Amituofo tapi di hatinya tidak ada Buddha, melafal Amituofo dengan cara begini takkan bisa terjalin dengan Buddha.

Ada pula orang yang semasa hidup melafal Amituofo, tetapi saat ajal menjelang, mereka lebih sudi menjadi setan, sama sekali tidak memiliki niat terlahir ke Alam Sukhavati.

Ada pula orang yang melafal Amituofo untuk memohon anak, memohon kekayaan, usia panjang, menjadi Dewa dan lain sebagainya. Orang-orang begini hanya memohon berkah Alam Dewa dan Manusia, tidak sudi terlahir ke Alam Sukhavati, jadi dengan sendirinya tidak memiliki kesempatan menuju Tanah Suci Sukhavati, maka itu cobalah pikirkan, praktisi yang melafal Amituofo dengan tujuan mengakhiri tumimbal lahir adalah sangat sedikit, mana mungkin praktisi yang berhasil terlahir di Alam Sukhavati bisa jadi banyak jumlahnya?

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (一二八)

【問】向來念佛的很多,成功的很少,都是喫了這個虧嗎?

【答】有許多人都喫了這個虧,但也不一樣。有些人很隨便,今日念明日不念,閑時念,忙時不念,好時念,病時不念,危急時念,無事時不念,這樣念佛法,淨念不相接續,是不中用的。再有一般人,念佛是裝給別人看的,口裡念佛,心裡沒有佛,這種念佛,和佛也不發生關係。有的人,以為活著的時候念佛,到陰司裡可以當前用,這等人甘心作鬼,是無心想到西方去的。在有等人念佛是為的求兒女,求富貴,求長生,求神仙。這等人的志向是在求人天福報,極樂世界他也不願意去,自然沒有他的分,你想真為了生死而念佛的人,既然很少,往生西方的人怎會多呢?


印光大師 鑑定
戰德克 編述