Senin, 02 November 2015

Penuntun Jalan 12



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 12

Tanya :
Jadi siapakah yang menemukan Ajaran Buddha?

Jawab :
Insan ini dikenal oleh setiap orang, Beliau adalah putra mahkota dari Raja Suddhodana, raja dari Kerajaan Kapilavastu, India, bernama Siddhartha. Ketika usianya masih kecil, sudah berhasil menguasai segala ilmu pengetahuan duniawi. Kemudian menginjak usia dewasa, dia melihat bahwa manusia dan makhluk hidup di dunia ini saling membunuh, saling memakan, siklus dan rantai makanan ini tiada hentinya.

Juga menemukan bahwa proses lahir, tua, sakit dan mati tidak dapat dihindari, lalu merasa bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah penderitaan. Maka itu harus mencari sebuah jalan untuk mengakhiri penderitaan ini.

Pada usia 19 tahun, dia melepaskan segala kehidupan mewahnya, meninggalkan keduniawian dan melatih diri. Saat melatih diri mengalami berbagai siksaan, seringkali harus menahan rasa lapar, tetapi beliau takkan karena hal ini menjadi putus asa.

Sampai usia 30 tahun mencapai penerangan sempurna, yakni mencapai KeBuddhaan. Setelah mencapai KeBuddhaan, menuju ke berbagai pelosok negeri membabarkan Dharma, manusia yang mengamalkan ajaranNya, dapat membebaskan diri dari penderitaan, menikmati kebahagiaan.

Demikianlah Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun, pada saat itu Buddha sudah berusia 79 tahun, memasuki Parinirvana. Selanjutnya para siswa Buddha mencatat seluruh kebenaran yang telah diungkapkan Buddha selama 49 tahun, yakni sutra yang sekarang kita baca. Buddha yang pada umumnya disebutkan, adalah Buddha Sakyamuni.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (十二)

【問】這個創造佛教的人,究竟是誰?

【答】這個人說起來誰都知道,他是印度迦毗羅國淨飯王的太子,名叫釋迦牟尼。他幼年的時候,對於世間的一切學問,都已經通達了。而後年紀漸大,他看見世界上的人和物互相殘殺,互相吞啖,循環不停。又感到生老病死是免不掉的,就覺得這個世界上的事物都是苦的。非求一個解脫苦惱的法子不可。因此到了十九歲時,他就拋開了富貴榮華,出家修行。在修行的時候,受了許多堅苦,時常忍著饑餓,但是他從不因此而灰心。到了三十歲的時候,就得道,成佛了,成佛以後,就到各處說法勸化世人,世人誰肯照著他說的話去行,就可以脫離苦惱,就可以享受快樂。這樣說法說了四十九年,那時釋迦牟尼佛,已七十九歲,就入了涅槃,以後佛的徒弟們,把佛在四十九年當中所講的道理記載下來,就是我們現在所念的經。平常所說的佛,就是這位釋迦牟尼佛了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述