Sabtu, 07 November 2015

Penuntun Jalan 27



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 27

Tanya :
Kalau memang bukan sebuah kebohongan, tetapi tidak tahu apa yang dimaksud sebenarnya?

Jawab :
Apakah anda pernah mendengar tentang enam alam tumimbal lahir? Yang biasanya kita sebut dengan “arwah”, di dalam Ajaran Buddha disebut sebagai “vijnana (kesadaran)”. Setelah tubuh kasar manusia mati, kesadarannya selamanya takkan mati.

Setelah manusia meninggal dunia, kesadarannya menuruti perbuatan baik dan buruk yang dilakukannya selama hidup, terlahir kembali ke Alam Surga/Alam Dewa atau terlahir kembali ke Alam Manusia, atau Alam Asura (Asura adalah makhluk halus yang jahat, seringkali berperang dengan Alam Dewa), atau jatuh ke Alam Binatang, atau Alam Setan Kelaparan, atau jatuh ke Neraka.

Alam Dewa/Surga, Alam Manusia, Alam Asura, Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka, inilah yang disebut dengan enam alam tumimbal lahir. Setelah menyelesaikan siksaan di satu alam kemudian beralih lagi ke alam lainnya. Demikianlah setelah mati lahir lagi, lahir mati lagi, bolak balik berputar di lingkaran tumimbal lahir, tiada waktu untuk beristirahat meskipun hanya sejenak saja.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (二十七)

【問】自然不全是騙人的,但不知到底是怎麼一回事?

【答】你聽說過六道輪迴嗎?我們平常所說的靈魂,在佛學上叫作神識。人的肉身死了,他的神識是永遠不死的。人死以後,他的神識,憑著他生前行為的好壞,或者昇天。或者再轉生為人,或者作阿修羅(阿修羅,是一種惡神,常和諸天打仗)。或者變畜生,或者變餓鬼,或者入地獄。這天,人,阿修羅,畜生,餓鬼,地獄,就叫做六道。等到這道受報應完了,再轉入那一道去。這樣死了又生,生了又死,來回輪轉,永遠沒有停止的日期。


印光大師 鑑定
戰德克 編述