Sabtu, 31 Oktober 2015

Menghapus Keraguan 03




Menghapus Keraguan Melafal Amituofo 03


Tanya :

Bodhisattva Avalokitesvara mendengar suara menolong yang kesusahan, meskipun melatih metode melafal Amituofo, jika berada dalam bahaya ingin memohon keselamatan, maka harus melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, apakah ini benar? 


Master Jingzong menjawab :

Bodhisattva Avalokitesvara diberi gelar sebagai “Maha Maitri Maha Karuna, menolong yang dilanda derita dan kesusahan, mukjizatNya maha besar”, pada saat berada dalam bahaya melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, maka Beliau akan segera mengamati suara tersebut dan datang memberi pertolongan, ini sedikitpun tidak salah. 


Tetapi praktisi pelafal Amituofo tidak perlu beralih melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara. Alasannya ada tiga yaitu :


1. Kemampuan Buddha Amitabha dalam mendengar suara menolong yang kesusahan, lebih besar. Di Alam Sukhavati, Bodhisattva Avalokitesvara adalah siswa paling utama Buddha Amitabha, maitri karunaNya dan kemampuanNya adalah belajar dari guruNya yakni Buddha Amitabha. 


Sebelum mencapai KeBuddhaan dan masih melatih Jalan Bodhisattva, Bhiksu Dharmakara (Buddha Amitabha) mengikrarkan tekad dengan namaNya menyelamatkan para makhluk. Asalkan ada yang melafal namaNya, tak peduli mengeluarkan suara atau melafalnya di dalam hati; tak peduli apakah saat berada dalam bahaya melafal, atau berada dalam kondisi selamat melafal, atau dalam keseharian melafal, juga tak peduli melafal dengan konsentrasi atau tidak konsentrasi; juga tak peduli si pelafal itu beragama Buddha atau bukan, asalkan ada orang yang melafal Amituofo, Buddha Amitabha segera sampai di hadapannya, segera memancarkan cahaya menyinari bahkan menjelma untuk memberikan perlindungan. 


Kecepatan mukjizat ini adalah lebih cepat daripada hidup padamnya bola lampu. Praktisi pelafal Amituofo karena memperoleh perlindungan dari cahaya Buddha, sehingga mengubah bahaya jadi selamat, mengubah petaka menjadi kesejahteraan. 


Meskipun orang yang jarang melafal Amituofo, atau mereka yang bertemu masalah baru melafal Amituofo, mukjizatnya juga adalah serupa. Jika praktisi yang senantiasa melafal Amituofo, cahaya Buddha Amitabha siang malam selalu menyinari dan melindunginya, takkan terpisah darinya, agar dia selamat sepanjang hidupnya, hingga saat menjelang ajal menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati. 


Bila dibandingkan dengan pemahaman sebagian orang tentang Bodhisattva mendengar suara menolong yang kesusahan, maka yang satu ini akan lebih aman dan terjamin, bahkan lebih lengkap, maka itu bagi praktisi pelafal Amituofo dengan sendirinya saat darurat tidak perlu beralih melafal nama Buddha dan Bodhisattva lainnya.


2. Melafal Amituofo, tanpa diundang Bodhisattva Avalokitesvara dengan sendirinya juga akan ikut hadir. Bodhisattva Avalokitesvara begitu menghormati dan berterimakasih pada guruNya yakni Buddha Amitabha, senantiasa menempatkan Buddha Amitabha di puncak kepalaNya, kita melihat di atas puncak kepala Bodhisattva Avalokitesvara terdapat sebuah rupang Buddha jelmaan yang berdiri, itulah Buddha Amitabha.


Lagi pula Bodhisattva Avalokitesvara senantiasa mengikuti Buddha Amitabha, ke mana saja Buddha Amitabha berada maka di sana pasti ada Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, dua Maha Bodhisattva ini pasti akan berada di samping kiri dan kanan Buddha Amitabha. 


Maka itu praktisi pelafal Amituofo, bukan hanya Buddha Amitabha saja yang akan memancarkan cahaya menyinari, menjelma dan datang memberi perlindungan, bahkan Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta dan masih banyak para Maha Bodhisattva akan ikut datang memberi perlindungan. 


Seperti yang disebutkan di dalam Amitayurdhyana Sutra, praktisi yang menfokuskan diri melafal Amituofo, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, dua Maha Bodhisattva ini, bagaikan bayangan yang mengikuti diri, senantiasa mengikuti dan memberi perlindungan pada praktisi pelafal Amituofo, bahkan tanpa diundang akan menjadi sahabat baik praktisi ini, dengan maitri karuna membantunya dalam segala bidang.


Maka itu praktisi pelafal Amituofo, meskipun tidak melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, namun Bodhisattva Avalokitesvara juga akan dengan sendirinya datang memberi perlindungan. Begitu pula dengan para Buddha dan Bodhisattva lainnya juga akan berdatangan memberi perlindungan. Maka itu tentunya tidak perlu lagi beralih melafal nama Buddha dan Bodhisattva lainnya.


3. Praktisi pelafal Amituofo, oleh karena senantiasa berada dalam pancaran cahaya Buddha, segala bencana dengan sendirinya akan lenyap tak berbekas, jadi takkan ada kondisi berada dalam bahaya memohon perlindungan Bodhisattva. Apabila di dalam garis hidup karma buruk sulit dihindari, sehingga ditimpa musibah kecil, bagi seorang praktisi yang telah memiliki keyakinan mendalam, maka dengan sendirinya juga akan melafal Amituofo, takkan terpikir untuk beralih melafal nama Buddha dan Bodhisattva lainnya. Hati yang mudah goyah dan tidak tetap, ini sudah jelas hati yang tidak terfokus. 


Maka itu, tak peduli melafal nama Buddha atau Bodhisattva manapun, yang jelas hasilnya tak sebanding dengan menfokuskan diri melafal Amituofo.


  



【第一部分 有關現世利益】

3問:觀世音菩薩尋聲救苦,雖修念佛,危急之時欲求免難,必須念觀世音菩薩,對嗎?

答:觀世音菩薩稱為「大慈大悲、救苦救難、廣大靈感」,在危急時稱念觀世音菩薩名號,菩薩立即觀其音聲前來搭救,這是一點也不會錯的。但平常念佛的人不必改念觀世音菩薩。《念佛感應錄》第三集第67頁「佛光來照 免遭水溺」,及〈念佛免難〉之各篇記載的都是念阿彌陀佛消災免難的實例。
從道理來說有三:

一、阿彌陀佛尋聲救苦的本領更大。觀世音菩薩現在西方極樂世界,是阿彌陀佛的上首大弟子,他的慈悲、本領都是跟老師阿彌陀佛學來的。阿彌陀佛在還沒成佛、修菩薩道時,就發願修行,以名號度眾生。只要有人念他的名號,不管是張口念出聲,還是默念不出聲;不管是危急的時候念,還是平常的時候念;也不管是專門集中精力念,還是比較隨便雜散念;甚至也不管念的人信佛不信佛,只要有人念阿彌陀佛,阿彌陀佛立即感應到,立即放光照耀並現身保護。感應之速,比電燈開關打開、光明立即照亮還要快。念佛的人因受佛光保護,立即轉危為安,化難呈祥。就是平時不常念佛,遇事偶爾念佛的人,感應也是如此。如果是平時經常念佛的人,阿彌陀佛的光明就日夜照耀,保護他,不再離開他,讓他一生平安,直到臨終的時候接引他往生極樂世界。這比一般人理解的菩薩尋聲救苦更加安全、保險、全面而徹底了,所以念阿彌陀佛的人自然不必臨時改念其他佛菩薩了。

二、念阿彌陀佛,觀世音菩薩不請自來。觀世音菩薩非常敬重、感恩他的老師阿彌陀佛,時時把阿彌陀佛頂戴在頭上,我們看到的觀世音菩薩頭上有一尊站立的化佛,那就是阿彌陀佛。而且觀世音菩薩也隨時跟隨阿彌陀佛,凡是阿彌陀佛到哪裏,觀世音和大勢至這兩位大菩薩必定相隨左右,寸步不離。所以平常念阿彌陀佛的人,阿彌陀佛既然放光現身前來保護,觀世音、大勢至還有很多大菩薩也就一同前來保護。如《觀經》中說,專念阿彌陀佛的人,觀世音、大勢至二大菩薩,如影隨形常隨其後,保護這個念佛的人,並且主動做他的好朋友,慈悲相助於一切。所以一個專念阿彌陀佛的人,即使沒有專門再念觀世音菩薩,觀世音菩薩也會自然前來保護。其他佛菩薩也是一樣。當然就沒有改念其他佛菩薩的必要了。

三、平常念阿彌陀佛的人,因為常在佛光保護當中,一些可能的災難自然潛消於無形,也就不存在臨時危急要求菩薩的情況了。即使宿業難免,小有災障,對一個真正信仰深入、念佛有素的人來說,也會自然念阿彌陀佛,不會想著改念這尊菩薩那尊佛。心思搖擺不定,說明心不專一。

所以,不論是念哪尊佛菩薩,效果都比不上專念阿彌陀佛。