Rabu, 04 November 2015

Penuntun Jalan 20



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 20

Tanya :
Bhiksu adalah insan yang menfokuskan diri mempelajari Ajaran Buddha, tetapi mengapa ada yang berprilaku buruk?

Jawab :
Setiap permasalahan tidak boleh dipandang secara menyeluruh, contohnya : mereka yang belajar Ajaran Konfusius, setiap hari berdiskusi tentang kebajikan, kebenaran, etika dan moral, juga ada yang bersikap ksatria tapi juga ada yang jadi orang licik.

Demikian pula dengan Bhiksu-Bhiksuni, ada yang memahami Ajaran Buddha, tapi juga ada yang tidak paham, jadi tidak boleh menuduh semuanya adalah serupa. Yang anda maksudkan adalah sebagian saja yang tidak memahami Buddha Dharma. Orang-orang ini dikarenakan kurangnya pengetahuan, dengan sendirinya dapat berprilaku buruk. Hanya bisa mengeluh mereka tidak memahami Buddha Dharma, jadi bukan Buddha Dharma yang tidak bagus.

Anda tidak mengetahui bahwa sejak dulu hingga sekarang, ada berapa banyak anggota Sangha yang mengamalkan apa yang tidak bisa diamalkan orang banyak, bersabar pada apa yang tidak bisa ditolerir orang banyak, mewakili Buddha menyebarluaskan ajaran, menceramahkan Buddha Dharma sehingga memberi berkah bagi negara dan memberi manfaat bagi penduduk negeri, serta menyelamatkan para makhluk, membawa manfaat besar bagi dunia.  

Meskipun saat kini tidak serupa dengan jaman dahulu, dimana-mana ada kegiatan ceramah Dharma, para Bhiksu senior yang selain di satu sisi mengamalkan ajaran untuk diri sendiri juga di sisi lain menyelamatkan para makhluk.

Oleh karena anda belum mempelajari Buddha Dharma, sehingga belum menemukannya. Yang anda temukan hanyalah mereka yang berprilaku buruk, sehingga mencurigai Buddha Dharma tidak bagus, ini adalah kesalahan besar.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (二十)

【問】和尚是專門學佛的人,怎麼有些和尚很胡鬧呢?

【答】凡事不可一概而論,譬如:儒家讀書,專門講仁義道德,尚且有君子小人的不一樣。和尚是出家的佛弟子,有懂佛法的,有不懂佛法的,也不能責備他們都要一樣。你所說的,是不懂佛法的一部分。這些人因為少知識,自然不免有些胡鬧。祇能怪其不懂佛法,併非佛法不好。你不知自古到今,有多少高僧,行人所不能行,忍人所不能忍,代佛宣傳,對人講說佛法福國利民,化度眾生,大有益於世間。現在雖不及古時,到處乃有講經說法,自行化他的高僧。因為你尚未學佛法,沒有見到。你見到不懂佛法的庸僧。便懷疑佛法沒好處,這就大錯了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述