Senin, 02 November 2015

Penuntun Jalan 06



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 06

Tanya :
Siapa yang tidak mengenal Ajaran Buddha? Bukankah aliran dan sekte itu adalah peninggalan warisan Buddha? Kenapa anda malah bilang tidak boleh begitu mudah mempercayainya?

Jawab :
Oleh karena ada begitu banyak sekte yang mengakui bahwa mereka meyakini Buddha, maka itu saya mengatakan jangan mudah percaya, patut diketahui, itu serupa dengan menjual obat palsu. Oleh karena teori-teori mereka itu sungguh tak bernilai, dengan sendirinya tidak ada yang mau menjadi pengikutnya, sehingga mereka terpaksa menggunakan Buddha sebagai topengnya. Mencuri beberapa kalimat yang dibabarkan Buddha Sakyamuni, lalu mengelabui orang-orang yang tidak tahu apa-apa, ini disebut menyamar mata ikan sebagai mutiara.

Andaikata dia mengaku bahwa yang dia jual adalah mata ikan, siapa yang mau membelinya? Oleh karena dia berbohong mengatakan yang dia jual adalah mutiara, maka dengan sendirinya orang yang tidak mengenal barang tulen, berebutan membeli yang palsu darinya.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (六)

【問】佛教誰不知道,那還用說嗎?所有的教門,不多半是老佛爺留下的嗎?你怎麼又說不可輕信呢?

【答】因為有許多教門,都說他們信的是佛,所以我纔說不可輕信,要知道,那都是說真方賣假藥的。因為他們的道理太不值錢,自然沒有人肯信,所以他們纔拿佛來做招牌。偷幾句佛教裡常說的話,好欺騙那些不知道的人,這就叫作把魚眼混充珍珠。他若是明說他賣的是魚眼,你想誰肯買呢?因為他說是珍珠。自然有些不識貨的人,爭著多出錢去買了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述