Selasa, 01 Desember 2015

Penuntun Jalan 124



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 124

Tanya :
Apakah mendiang sudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati atau tidak, mungkinkah orang lain bisa mengetahuinya?

Jawab :
Bisa! Bila praktisi tersebut mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati. Sampai pada hari kepergiannya, dia melihat Buddha Amitabha datang menjemput, begitu bersukacita melafal Amituofo dan meninggal dunia. Seluruh hadirin akan mendengar irama kebahagiaan yang dialunkan dari angkasa, mencium keharuman nan istimewa, ini merupakan bukti bahwa praktisi itu telah terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi bila ketrampilan melatih diri si praktisi agak kurang sedikit, tidak ada gejala-gejala bagus seperti yang disebutkan diatas, maka setelah si praktisi menghembuskan nafas terakhir, meskipun telah melewati seharian, bila jasadnya disentuh dengan halus, seluruh badannya telah dingin, namun bagian kepalanya masih terasa hangat, ini juga tanda bahwa dia terlahir ke Alam Sukhavati.

Bila bagian mata yang terakhir menjadi dingin, terlahir ke Alam Surga. Bagian dada yang terakhir dingin, terlahir kembali di Alam Manusia. Bagian perut yang terakhir jadi dingin, jatuh ke Alam Setan Kelaparan. Bagian lutut yang terakhir jadi dingin, jatuh ke Alam Binatang. Telapak kaki yang terakhir jadi dingin, jatuh ke Alam Neraka. Ini disebutkan di dalam sutra Buddha.

Tetapi patut diketahui, asalkan melafal Amituofo dengan kesungguhan hati, maka dengan sendirinya dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jadi tidak perlu diraba-raba bagian mana yang dingin terlebih dulu atau belakangan, oleh karena apabila kesadarannya belum meninggalkan tubuh kasarnya, sehingga merasakan kesakitan, timbul amarah kebencian akibatnya tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, maka tindakan ini telah mencelakainya secara mendalam.   

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (一二四)

【問】死者究竟生了西方沒有,別人有法子知道嗎?

【答】有!如果死者預知自己死的日期和時辰。到那時,看見佛來迎接,很娛快的念著佛死去。別人聽見空中的樂聲,聞見奇異的香氣,這固然是往生西方的證據。即使功夫差一點,沒有那些好處,祇要人斷了氣以後,經過半天,別人輕輕試探他的身上。若是通身已冰冷,祇有頭腦門還是熱的,這也一定是往生西方無疑了。眼最後冷的,生天道。心最後冷的,生人道。肚子最後冷的,生鬼道。膝蓋最後冷的,生畜生道。腳底最後冷的,墮地獄道。這都是佛經上說的。不過還應該知道,祇要大家至誠念佛,自然可以往生西方,切勿屢次去試探冷熱。因為這時候死者神識未離,倘或受了刺激,心生煩惱,以致不能往生,那就害事不淺了。

印光大師 鑑定
戰德克 編述