Jumat, 27 November 2015

Penuntun Jalan 114


Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 114

Tanya :
Apa gunanya “Gatha Pelimpahan Jasa”?

Jawab :
Kegunaan “Gatha Pelimpahan Jasa” amat besar, sebagai praktisi, setiap selesai membaca sutra atau melafal Amituofo, pasti harus membaca “Gatha Pelimpahan Jasa”. Semua jasa kebajikan yang kita perbuat dilimpahkan pada bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Jadi bukan hanya jasa kebajikan dari membaca sutra dan melafal Amituofo yang harus kita limpahkan, bahkan semua perbuatan bajik kita, juga harus dilimpahkan ke Alam Sukhavati. Semakin banyak kita menimbun jasa kebajikan tentunya harapan untuk terlahir ke Alam Sukhavati juga semakin bertambah.

Andaikata tidak melimpahkan jasa kebajikan pada bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka ditakutkan pada masa kehidupan mendatang, terlahir ke Alam Surga atau Alam Manusia menikmati pahala perbuatannya, namun tetap belum keluar dari enam alam tumimbal lahir.

Bahkan semakin besar pahalanya maka semakin mudah menciptakan karma buruk, sehingga masa kelahiran berikutnya akan sangat mengerikan sekali. Maka itu praktisi Ajaran Buddha, harus melimpahkan seluruh jasa kebajikan pada tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Dengan demikian, saat menjelang ajal barulah memiliki harapan terlahir ke Alam Sukhavati.

Membaca “Gatha Pelimpahan Jasa” adalah serupa dengan melafal Amituofo, harus satu kata demi satu kata dibangkitkan keluar dari dalam hati, jadi bukanlah hanya dibaca di mulut saja.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (一一四)

【問】回向偈有什麼用處?

【答】回向偈的用處很大,修行的人,不論唸經念佛,念完了,一定要把回向偈念一遍。回向有歸攏的意思,就是要把念佛唸經的功德,歸攏到一個地方去。什麼地方呢?就是求生到西方極樂世界去。不但念佛唸經要回向極樂世界,就是無論作了什麼善事,也要回向到西方極樂世界去。這樣積得功德多一分,往生的希望也就多一分。若是把作的功德不回向在求生極樂世界上去,恐怕下一世,要得著天道或人道享福的報應,那麼依然不能脫離六道輪迴。併且福報越大造罪越容易,那麼再下一世就很可怕了。所以學佛的人,必須把一切功德,都要回到往生西方去。那麼壽終以後,就可以盼望生到西方極樂世界去了。但念回向偈,也和念佛一樣,要一字一句都從心裡經過,不是空口念念就算。

印光大師 鑑定
戰德克 編述