Selasa, 24 November 2015

Penuntun Jalan 68



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 68

Tanya :
Di dalam aliran lain ada semacam praktek ilmu, bolehkah anda jelaskan beberapa contoh misalnya?

Jawab :
Tidak perlu, oleh karena ada pepatah yang mengatakan bahwa terlalu rakus tidak bisa dicerna, apalagi pintu Dharma yang lain, bukan dapat dilakukan oleh kita yang memiliki akar kebijakan yang rendah.

Ada metode yang sangat sulit dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, oleh karena usia kita amat terbatas, ditakutkan belum berhasil melatihnya namun ajal telah tiba, bukankah dengan demikian hanya membuang waktu dan tenaga dengan sia-sia saja.

Ada pula metode yang membutuhkan bimbingan dari guru yang trampil, bila tidak demikian maka akan muncul masalah batin, ini sungguh membahayakan.

Hanya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, yang paling aman dan terjamin, paling mudah, siapa saja yang belajar maka dia akan berhasil, ini dapat kita wujudkan dalam satu kehidupan ini juga. Buat apa mengabaikan apa yang mudah dipelajari, malah pergi memilih yang sulit?    

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (六十八)

【問】別的宗裡,都是些什麼法子,再說幾個聽聽行不行?

【答】可以不必,因為有句俗話說,貪多嚼不爛,況且別的法門,都不是我們這些根機淺的人所能做得到的。有些方法很難,很費功夫,因為我們壽命很短促,恐怕等不到修成功就早死了,豈不是枉費了一場功夫。還有些方法,非得有明白的老師教導不可,不然往往會弄出毛病來,也是很危險。祇有這個念佛求生西方淨土的法子,最穩當,最容易,誰學誰就成功,這也儘彀我們一生學的了。何必捨了容易的不學,反而去尋難的學呢?


印光大師 鑑定
戰德克 編述