Minggu, 22 November 2015

Penuntun Jalan 56



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 56

Tanya :
Buat apa Buddha Sakyamuni membabarkan begitu banyak pintu Dharma?

Jawab :
Ini disebut memberi obat yang tepat sesuai penyakit yang diderita masing-masing pasien, diibaratkan para makhluk adalah pasien, Buddha adalah Raja Tabib. Para makhluk menderita penyakit yang berbeda-beda, maka itu Buddha membuka resep juga tidak serupa, ada yang harus menggunakan ramuan obat yang sejuk, ada pula yang harus menggunakan ramuan obat yang panas, tujuannya adalah sama yaitu untuk menyembuhkan penyakit yang diderita pasien.

Umpamanya lagi, untuk berangkat dari Nanjing ke Shanghai, ada orang yang lebih suka menempuh perjalanan dengan kereta api, maka Buddha akan mengajarinya cara untuk menumpang kereta api. Ada pula orang yang lebih suka menempuh perjalanan dengan pesawat terbang, maka Buddha akan mengajarinya cara untuk menumpang pesawat terbang. Meskipun caranya berbeda, namun tujuannya adalah sama yaitu mencapai Shanghai.

Demikian pula dengan Ajaran Buddha, meskipun pintu Dharma yang dibabarkan oleh Buddha adalah banyak dan beragam, namun tujuannya adalah menuntun manusia untuk mencapai KeBuddhaan.  

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (五十六)

【問】佛何必說這許多法門呢?

【答】這叫做對症下藥,比方說眾生是病人,佛是大醫王。眾生害的病不一樣,所以佛開的藥方也不一樣,有的用涼藥,有的用熱藥,其目的都是在把病治好。再說一個比方,譬如從南京到上海,有人愛坐火車,佛就教他坐火車的方法。有人愛坐飛機,佛就教給他乘飛機的方法。方法雖然不同,目的都是到上海。佛教也是如此,佛說的法門雖多。其目的都是教人成佛的。


印光大師 鑑定
戰德克 編述