Jumat, 06 November 2015

Penuntun Jalan 21



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 21

Tanya :
Bhiksu-Bhiksuni ada yang memahami Buddha Dharma dan ada yang tidak, dua kelompok yang berbeda, kini saya sudah memahaminya. Tetapi masalahnya, mengapa ada praktisi yang pernah mendalami Buddha Dharma, tetapi prilaku mereka juga buruk?

Jawab :
Ini juga tidak boleh karena satu orang yang makan nangka semua orang kena getahnya. Dong Zhuo, Cao Cao, Wang Mang, orang-orang semacam ini, sejak jaman dulu hingga kini, para pengkhianat negara, bukankah juga pernah membaca buku klasik Ajaran Konfusius, tetapi kesalahan ini juga tidak boleh dilimpahkan kepada Ajaran Konfusius.   

Demikian pula dengan baik buruknya prilaku praktisi Ajaran Buddha, kesalahan ini juga tidak boleh dilimpahkan kepada Ajaran Buddha. Harus diketahui bahwa di atas sebidang ladang, ada berapa banyak semak-semak, ini tidak bisa dihindari. Apalagi  ini hanya sebagian kecil orang yang tidak memahami Buddha Dharma, orang yang tidak mempunyai prilaku baik secara menyeluruh, andaikata mereka sama sekali tidak memahami Buddha Dharma, maka tabiat mereka akan lebih parah lagi.

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (二十一)

【問】和尚也有懂佛法,不懂佛法,兩種的不同,我也知道相信了。但看到有些研究過佛學的人,他們的人品,怎麼也不見得都好呢?

【答】這也不可一概而論,董卓、曹操、王莽等,這一流的人物,古今的許多亂臣賊子,都是讀過孔子書的,這也不可以歸咎於儒教。佛教良莠不齊,也不能歸咎佛教。要知道,一大片的田地裡面,有幾棵椑子,總是不免的。況且這些少數略懂佛法,品性不能全好的人,如果完全不懂佛法,他們的人品應當會更壞。

印光大師 鑑定
戰德克 編述