Minggu, 01 November 2015

TJ edisi 21 Maret 2008



Master Chin Kung Menjawab
dalam Tanya Jawab edisi tanggal 21 Maret 2008
bertempat di : Hongkong Buddhist Education Foundation

Pertanyaan :
Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” bab ke-28 tercantum bahwa “Andaikata berada dalam keadaan darurat, kesusahan dan ketakutan, maka dengan berlindung pada Bodhisattva Avalokitesvara, tiada yang takkan memperoleh pembebasan”. Saya ingin bertanya apabila terjadi kecelakaan mobil, dalam waktu seketika, atau ketika terjadi gempa bumi, dalam kondisi genting seharusnya melafal Amituofo atau melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara?

Master Chin Kung Menjawab :
Ini merupakan kondisi genting, tidak ada waktu untuk berpikir lagi, jika bertemu dengan kondisi begini, takkan ada pemikiran kedua lagi, hanya melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ini merupakan tindakan yang paling tepat.

Oleh karena dalam keadaan darurat begini, ketika ditimpa musibah kecelakaan mobil, yang tampak adalah mobil datang menuju ke arah kita dan kita tidak sempat mengelak lagi, begitu bertabrakan maka nyawa pun melayang, Bodhisattva Avalokitesvara juga tidak sempat menyelamatkan dirimu.

Ketika ditimpa musibah gempa besar, ini juga merupakan bencana alam yang datang begitu cepatnya, melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati pasti takkan ada keraguan.

Jika anda masih memiliki pahala sehingga masih dapat mengelak dari musibah tersebut, maka melafal Amituofo juga begitu unggul. Kita tahu bahwa Buddha Amitabha adalah guru Bodhisattva Avalokitesvara, maka itu harus memperteguh keyakinan hati.   

Tetapi bila ditujukan kepada orang banyak atau masyarakat umum, maka untuk menghindari bencana boleh melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara; tetapi untuk diri sendiri, saya sendiri melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati.



學佛答問-淨空法師 香港佛陀教育協會2008.03.21

  問:《無量壽經》第二十八章,「若有急難恐怖,但自歸命觀世音菩薩,無不得解脫者」。­(這是經文)請問如發生車禍的一剎那,或地震被困的關鍵時刻,應念阿彌陀佛,還是念觀­世音菩薩?

  答:這個時候是緊急關頭,沒有長時間思考,遇到這個樣狀況的情形,沒有第二個念頭,念­佛求生淨土,這是絕對正確的。因為這緊急關頭,車禍你看到的時候車撞過來,決定不能避­免,這一撞,人命就沒有了,觀音菩薩也救不了你了。這個大地震現前的時候,這是頃刻的­災難,念佛求生淨土決定沒有疑惑。如果你還有福報,你還能夠倖免,念阿彌陀佛也是非常­殊勝。我們知道阿彌陀佛是觀音菩薩的老師,所以要堅定信心。但是在防止災難、預防災難­的時候,是為大眾、為社會、為廣大群眾,念觀世音菩薩;為自己,我自己是求生淨土。這­個為自、為人要分開,為別人,念觀音菩薩大慈大悲救苦救難;為自己念阿彌陀佛,要早一­天生極樂世界親近彌陀,這就對了。