Jumat, 06 November 2015

Penuntun Jalan 23



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 23

Tanya :
Buku Dharma Ajaran Buddha terlalu mendalam, banyak yang tidak saya pahami. Apakah anda bisa mengemukakan segelintir kebenaran yang mudah dipahami?

Jawab :
Tidak masalah. Bukankah orang jaman sekarang selalu mengatakan apa yang disebut dengan kesetaraan, kasih sayang universal dan kebebasan?

Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa seluruh makhluk hidup memiliki benih KeBuddhaan sehingga dapat mencapai KeBuddhaan. Kata “makhluk” bukan hanya menunjuk pada manusia saja, tetapi mencakup seluruh makhluk hidup, contohnya lalat, nyamuk, semut juga bisa mencapai KeBuddhaan. Setelah mencapai KeBuddhaan juga serupa dengan Buddha Sakyamuni, ini adalah kesetaraan.

Oleh karena memang lalat, nyamuk, semut juga memiliki benih KeBuddhaan, maka itu kita harus menyayangi dan melindungi mereka, serupa dengan menyayangi manusia, inilah yang disebut dengan kasih sayang universal.

Ajaran Buddha khusus menumpukan perhatian pada cara membebaskan diri dari penderitaan, setelah kekotoran batin berhasil dilenyapkan hingga tuntas, di dalam hati tiada kekhawatiran dan tiada kecemasan, maka ini merupakan kebebasan.

Dengan demikian kita melihat bahwa kebenaran yang dibabarkan oleh Buddha bukan hanya tidak bertentangan dengan era modern, malah semakin mendekati teori yang dikemukakan para ilmuwan. Andaikata setiap insan dapat mengamalkan sesuai dengan apa yang dibabarkan Buddha, cobalah anda pikirkan, apakah di dunia ini masih akan ada wabah penyakit, peperangan dan kejahatan kriminal? Lagi pula ini hanyalah teori yang dangkal, sedangkan mengenai teori yang mendalam, meskipun dijelaskan hingga bertahun-tahun lamanya juga tak habis dibahas, sungguh tiada ujung batasnya!

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang



歧路指歸
 (二十三)

【問】佛教的書籍太深,我不能多看。你能不能揀一些容易明白的道理說來聽聽呢?

【答】可以。現在的人,不是常說平等,博愛自由嗎?佛說一切眾生,皆有佛性,都可成佛。所說的眾生,併不是專指人類,連一切有性命的東西都包括在內。這樣說來就是蒼蠅、蚊子、螻蛄、螞蟻一樣可以成佛。等到成佛以後,也就和釋迦牟尼佛沒有兩樣,這纔是真平等。既然連蒼蠅、蚊子、螻蛄、螞蟻都有佛性,所以我們愛護他們,應該和愛護人類一樣,這纔叫真博愛。佛教是專門講究脫離苦惱的方法,等到煩惱斷盡了,心裡無罣無礙無憂無慮,這纔是真自由。從這裡看來。佛教的道理,不但不和現在的學說相反,併且還要更徹底些。如果人人都照著佛的說法去行,你想世界還會有瘟疫刀兵盜賊嗎?況且這不過是最淺近的道理,拿一點來作個樣子罷了。至於高深的道理,任你說多少年,都說不完,真是無窮無盡啊!

印光大師 鑑定
戰德克 編述